Image of Islam & Psikologi

Islam & Psikologi



Persoalan kepribadian telah dibicarakan di dalam berbagai diskursus keilmuan, sehingga dewasa ini ditemukan berbagai ragam teori kepribadian. Menurut Ahmad Mahmud Shubhiy, teori kepribadian ada yang diperoleh melalui pendekatan psikologis. Pendekatan metafisik melahirkan disiplin “Filsafat Kepribadian”, sedang pendekatan-pendekatan psikologis melahirkan disiplin “Psikologis Kepribadian”. Masing-masing disiplin ini membicarakan objek material yang sama, yaitu tingkah laku individu, tetapi dari sudut pandang yang berbeda. Filsafat kepribadian menitikberatkan pandangannya pada hakekat dan keberadaan tingkah laku individu, sedangkan Psikologi Kepribadian menitikberatkan pada struktur, proses dan motivasi yang menimbulkan tingkah laku, pertumbuhan dan perkembangan, serta psikopatologi dan psikoterapinya.
Kedua pendekatan tersebut sebenarnya sulit dipisahkan. Dalam suatu teori kepribadian kadang-kadang bermuatan filsafat satu sisi dan psikologi pada sisi lain. Kedua pendekatan ini terdapat dalam suatu teori kepribadian secara bersamaan. Pembauran seperti itu beralasan, sebab filsafat merupakan induk dari segala cabang ilmu pengetahuan, sedangkan psikologi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari filsafat itu.
Buku ini merupakan salah satu bentuk kerjasama penerbitan buku-buku daras antara PT. RajaGrafindo Persada dengan UIN Jakarta Press.


Ketersediaan

1My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit PT Rajagrafindo Persada : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 200 hlm, 21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-3654-15-5
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1-2
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this